Jumat, 06 Maret 2015

Asam Urat ( Gout )

Gout
Asam Urat, Bekam & Herbalnya.

Penyakit Asam Urat (gout) adalah penyakit di mana terjadi penumpukan asam urat dalam tubuh secara berlebihan, baik akibat produksi yang meningkat maupun pembuangannya melalui ginjal yang tidak sempurna, atau bisa juga dikarenakan akibat peningkatan asupan makanan yang kaya zat purin.

Gout terjadi ketika cairan tubuh sangat jenuh akan asam urat karena kadarnya yang tinggi. Penumpukan tersebut menimbulkan nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Purin yang berbentuk kristal dihasilkan akibat proses metabolisme tubuh (ginjal) yang gagal dalam menetralisasi makanan (darah) yang banyak mengandung purin seperti sayur bayam, kangkung, kacang-kacangan, daging, jeroan, ikan sarden dllnya.

Penyakit ini ditemukan di seluruh dunia, pada semua ras manusia.
Gout jarang ditemukan pada wanita, sekitar 95% penderita Gout adalah kalangan pria terutama yang berusia 40 tahun keatas yang mengalami obesitas dan ketergantungan kepada alkohol.

Gejala Asam Urat.
1. Pada tahap awal kenaikan kadar asam urat dalam darah, tidak terdapat gejala apapun.
2. Selang beberapa waktu, terjadi pengendapan kristal asam urat dipersendian sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat.
3. Selang beberapa waktu kemudian, terjadi radang sendi yang banyak mengandung endapan asam urat, terutama pada persendian telapak kaki kecil yang disebut arthritis gout (gouty arthritis).
4. Setelah mengalami peradangan, sendi memerah, panas, nyeri, dan bengkak (paling banyak terjadi pada telapak kaki, terutama pada sendi pangkal ibu jari kaki) dalam beberapa kasus, gejala semakin hebat sehingga penderita gout tidak bisa memakai kaus kaki dan sepatu.
5. Terlalu sering berjalan kaki atau benturan kecil pada sendi dapat memperparah rasa nyeri pada pesakit asam urat.

Komplikasi Penyakit Asam Urat :
Batu Ginjal / Gagal Ginjal dan Jantung Koroner.

Salah satu fungsi ginjal adalah membersihkan darah dan mengeluarkan zat-zat yang merugikan bagi tubuh seperti urea, asam urat, amoniak, creatinin, garam anorganik, bakteri, dan juga obat-obatan. Jika zat tersebut tidak dikeluarkan maka akan menjadi racun yang dapat membahayakan kesehatan di dalam tubuh.

Ginjal juga berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dalam cairan tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan asam/basa melalui urine.

Untuk kasus penyakit asam urat apabila kadar asam urat dalam darah semakin tinggi, berarti semakin parahlah kondisi ginjal, ginjal yang semakin parah / lemah kondisinya ini pada ahirnya dapat memicu pembentukan batu ginjal yang ujung-ujungnya juga dapat mengakibatkan penyakit gagal ginjal.

Dalam jangka panjang pembentukan kristal asam urat yang terus menerus oleh tubuh (kristal asam urat yang berbentuk jarum / pedang yang tajam sebelum mengendap di sendi-sendi tulang juga ikut bergerak bersama darah keseluruh tubuh) dapat juga merusak lapisan bagian dalam pembuluh darah koroner pada jantung yang akan mengakibatkan penyakit gagal jantung.

Herbal Thibbun Nabawi apa saja yang bisa digunakan ?
1. Habbatus Sauda (Jintan hitam), dikonsumsi dan minyaknya dioleskan pada kaki yang lumpuh, karena ia merupakan obat untuk segala macam penyakit.
2. Minyak Zaitun dikonsumsi, berkhasiat untuk menurunkan kelebihan lemak jahat yang biasanya mengiringi pasien “Asam Urat”.
3. Air zam-zam diminum, diberikan apabila penyakit ini sudah disertai kerusakan pada fungsi ginjal yang parah.

Adapun herbal umum yang dapat membantu antara lain adalah :
1. Sari Teripang (Gamat) dan Spirulina.
2. Sirsak, dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari.
3. Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas, diminum pagi dan sore.
4. Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hangat 50 cc dan diminum selama 1 minggu, pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.
5. 60 gr akar sidaguri dicuci bersih, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minumlah 1/2 gelas pagi dan 1/2 gelas pada sore hari.

Efek Bekam terhadap Penyakit Asam Urat.
1. Bekam bisa mengeluarkan kristal asam urat dari persendian dan jaringan di sekitarnya, sehingga rasa nyeri berkurang dan tidak terjadi peradangan, warna merah dan pembengkakan pada persendian secara perlahan-lahan akan menghilang.
2. Zat Nitrit Oksida (NO) yang muncul akibat / efek dari pembekaman juga berfungsi mengurangi pembengkakan sendi yang sakit.
3. Zat Prostaglandin yang muncul akibat / efek dari pembekaman di tempat yang sakit juga mengurangi rasa sakit dari penyakit.
4. Bekam dapat memicu sekresi Zat Endorfin dan Enkefalin di dalam tubuh yang berfungsi sebagai pereda nyeri bawaan tubuh.
5. Bekam meredakan rasa nyeri dengan Gate Control Theory.
6. Jika ada masalah lain di dalam tubuh, yang menjadi penyebab terjadinya asam urat, seperti sakit ginjal, maka terapi bekam membantu meningkatkan kemampuan kerja ginjal dalam mengeluarkan Kristal asam urat di dalam urin.

Penting untuk diperhatikan:
1. Untuk mengurangi kristal asam urat di persendian, tidak bisa dilakukan melalui sekali pertemuan terapi bekam, namun diperlukan beberapa pertemuan, kadang-kadang mencapai tujuh kali pertemuan dengan interval waktu seminggu sekali.
2. Untuk memberikan dampak positif pada terapi bekam, haruslah disertai disiplin dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang rendah kandungan asam urat serta menghindari konsumsi berbagai jenis daging merah dan kol.
3. Minum obat-obatan yang mengurangi kandungan asam urat bisa membantu terapi bekam, karena obat-obatan tidak bertentangan dengan bekam.
4. Penderita sakit harus berusaha rileks, tidak sering berjalan kaki ketika kadar asam urat dalam darahnya tinggi, sehingga tidak terkena risiko terjadinya peradangan sendi.
5. Kompres air hangat kadang-kadang bisa membantu penderita gout untuk mengurangi rasa nyeri.
6. Penderita gout hendaklah menggunakan berbagai sarana penyembuhan lain yang telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW seperti memperbanyak doa dan sedekah.
7. Untuk keterangan dan konsultasi yang lebih terperinci lagi silahkan hubungi terapis anda dikota anda masing-masing.

Untuk informasi Bekam hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:
http://theraafiat.blogspot.com
http://senimistik.blogspot.com
http://therainstitute.blogspot.com
http://hypnoramping.blogspot.com
http://gurahcor.blogspot.com
http://pemijit.blogspot.com
http://bekammedik.blogspot.com
http://hypnowriting.blogspot.com
http://obatjamu.blogspot.com
http://therainstitute.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar